Rabu, 05 Desember 2012

Cerpen : Love in the School Corridor

Hello readers, lama gak blogging. Aku punya cerpen hasil karya sendiri nih. Cerpen ini sebenernya untuk pemenuhan tugas B.Indonesia aku. Cuma karena jarang - jarang aku bikin cerpen sampe beres, makanya diposting. Hehehe,
Happy reading !!

Love in the School Corridor



Since I met you, I can’t explain what I feel. Could it be love ?
***
Kyeou-ri ka-go bomi chajaojyo urin shideul-ko
Keuri-um so-ge mami meongdeu-reot-jyo
(i’m singing my blues)
paran nun-mu-re paran seulpeume gildeulyeojyeo
(i’m singing my blues)
tteunkureume nallyeobonaen sarang oh oh.. (bigbang – blue)
Alarm di handphone gue udah nyaring berdering. Jam dinding udah nunjukin pukul 04.00, saatnya gue bangun. Gue harus cepet – cepet karena ini hari pertama gue ngelaksanain MOPD di sekolah baru gue, SMA. Tapi sumpah demi apapun ini mata masih pengen merem. Masih gak mau beranjak dari kasur nyaman gue.
“Mey !! Meilaa !! Cepet bangun nakk ! Ntar kesiangan ! Katanya kamu harus berangkat sebelum jam 6 ?” terdengar suara Mama manggil gue dari luar kamar.
“Iya Ma~ bentar lagi !” jawab gue dengan mata yang masih setengah tertutup.
*tok tok tok*
“Meila sayang, cepet bangun ! Mandi, terus langsung sembahyang !” sahut Mama lagi.
Akhirnya gue pun turun dari kasur dan berjalan keluar kamar dengan malas.
“Iya Ma~ Meila mandi sekarang.” Gue pun berjalan menuju kamar mandi.
Gimana ya rasanya di SMA ? Kakak kelasnya garang – garang gak ya ? Banyak cowo ganteng gak ya ?” beribu pertanyaan pun mulai muncul dibenak gue.
Setelah menyelesaikan mandi subuh gue yang asli bener – bener dingin, gue cepet cepet masuk kamar buat pake seragam dan juga sembahyang. Abis itu, gue cepet – cepet pergi ke meja makan buat sarapan.
“Ma, di SMA itu gimana sih ?” tanya gue sama Mama yang lagi sibuk bikin nasi goreng buat gue.
“Ya gitu,” jawab Mama singkat.
“Ihh, lebih spesifik dikit napa Ma ?!” ujar gue sedikit sinis karena emang sebel dengan jawaban singkat Mama.
“Ya gitu lah pokoknya. Ada temen baru, guru baru, Kakak Kelas baru, dan masih banyak lagi yang baru.”
“Terus ?” tanya gue lagi penasaran.
“Ahh, kamu ini banyak nanya ! Udah cepet nih abisin sarapannya. Ntar kesiangan, gak kebagian yang cakep lho kamu !” Ledek Mama.
“Ihh, apaan sih Ma !”
Gue pun langsung ngabisin sarapan dengan kilat. Beres sarapan, gue pamit sama Mama. Papa gue pun udah siap nganter gue pake mobil.
***
Hari pertama gue berdiri di depan gerbang SMA, rasanya, dag dig dug ser gitu. Gue senyum – senyum sendiri sambil terus menatap ke sekeliling gue. Rasanya gak nyangka sekarang gue udah masuk SMA lagi. Sambil ngejinjing tas daur ulang dari kardus punya gue, dengan santainya gue memasuki gerbang sekolah. Eh, baru juga 5 langkah jalan santai, diujung sana udah ada seorang cowo Kakak Kelas OSIS masang muka garang yang menyambut gue di tengah lapang.
“Woyy ! Suruh siapa jalan ?! Cepetan sini baris kamu yang disana !” teriak Kakak Kelas itu sambil nunjuk nunjuk ke gue.
Buseet ! Bukannya disambut dengan senyuman gue malah disambut dengan bentakkan” gerutu gue dalem hati.
“Cepet bikir barisan 4 banjar 2 shaf !” perintah Kakak Kelas itu.
Gue ngelirik ke kanan kiri gue, ternyata udah banyak murid yang disuruh baris di lapang. Gue juga gak ngerti kenapa kita di suruh baris kayak gini. Tiba – tiba, dateng seorang cowok dari arah koridor menuju lapang yang membawa sebuah map.
Asli ganteennggg !” ujar gue dalem hati.
“Gak usah liat kanan kiri ! Pandangan lurus kedepan woy !!” Kakak Kelas yang tadi ngebentak barisan gue lagi. Sumpeh ni telinga udah deng dengan ngedenger dia teriak mulu.
“Gusti, gak usah terlalu galak sih ! Kasian mereka.” Ternyata cowo yang tadi datang dari arah koridor juga anggota OSIS.
“Kan pendisiplinan bro ! Kapan lagi kita bisa kayak gini bro ? Tahun depan kan kita udah masuk kuliah ! Ya udah, cepet loe absen sana !” ujar cowo yang dipanggil Gusti itu.
Dari perkataan Kak Gusti, gue ngerti kalo mungkin Kak Gusti dan cowo yang baru datang itu seangkatan dan mereka sekarang duduk di bangku kelas XII.
Kakak cowo yang ganteng itu hanya tersenyum dan mulai ngabsen satu persatu calon peserta didik barisan gue. Pas dia nyamperin gue, sempet gue lirik name tagnya.
Ryan Idzihar Maulana? Hmm, bagus juga namanya !” pikir gue dalem hati.
“Kelas apa De ?” tanyanya lembut sama gue.
“Emm, X-1 ka.” Jawab gue sambil masang senyum termanis semanis kembang gula.
“Oh, namanya ?”
“Meila Anindya Kavidza”
“Bawa semua perlengkapan kan ?” tanya dia lagi. Gue melting banget, soalnya setiap dia ngomong, pasti aja dia senyum. Ah~ aslinya unyu !
“De ? Bawa ga perlengkapannya ?” pertanyaan ulang Kak Ryan sontak membuat gue sadar dari lamunan.
“Oh, emmm, iya Kak bawa.” Jawab gue malu malu.
“Ok !” jawabnya singkat. Cowo yang bernama Ryan itu pun pergi meninggalkan gue dan kembali mengabsen calon peserta didik yang lainnya.
Ahh, baru juga hari pertama udah ketemu yang cakep. Asiieekk !” ujar gue dalem hati.
“Semua udah diabsen kan ? Sekarang kalian cepet masuk aula lewat koridor yang di sisi lapang sebelah timur sana.” Perintah Kakak yang bernama Gusti tadi.
Gue pun bergegas lari ke aula melewati koridor sekolah itu. Nyampe di tengah – tengah koridor, gue mulai jalan lagi, karena ngerasa udah gak ada yang memperhatikan. Tapi gue salah, ternyata Kak Ryan udah ada di belakang gue.
“Ayo De cepet ! Ntar dimarahin sama Kakak yang disana. Kakak cuma kasian aja liat calon Adek kelas kakak dibentak bentak mulu.” Ujarnya sambil tak lupa tersimpul senyum manis di bibirnya.
“Ahh,, iya Kak.” Jawab gue gelagapan.
Akhirnya gue jalan cepet – cepet menuju aula diujung koridor sana. Setelah nyampe, gue udah disambut lagi sama 2 orang Kakak OSIS. Dan bener kata Kak Ryan, mereka gak kalah garangnya dari yang dilapang tadi.
Gue sih Cuma bisa sabar dan nganggep ini Cuma sandiwara aja. Gue yakin sebenernya sifat mereka gak kalah baiknya kok sama Kak Ryan yang tadi.
Kegiatan MOPD pun dimulai, gue Cuma bisa ngikutin aja jalannya kegiatan ini dengan senang hati sampe kelar.
***

Hari kedua gue MOPD, gak tau kenapa, hari ini gue gak males bangun kayak kemaren. Malah gue pengen cepet cepet nyampe sekolah. Mungkin karena... gue pengen cepet – cepet ketemu Kak Ryan kali ya ?!
Sampe disekolah, tanpa ba-bi-bu, gue lari secepat kilat menuju lapang. Seperti biasa, gue disuruh baris lagi buat pengabsenan.
Gue emang nunggu nunggu pengabsenan, karena berharap bisa ketemu lagi sama Kak Ryan, tapi ternyata, yang ngabsen hari ini bukan Kak Ryan, melainkan Kakak dari OSIS yang lain.
Semangat 45 gue semenjak bangun tidur buyar terbang kagak tau kemana. Gak tau kenapa, mood gue berubah drastis semenjak tau Kak Ryan gak ngabsen calon peserta didik hari ini, sampe akhirnya, jam istirahat tiba.
Gue memutuskan untuk pergi ke toilet, siapa tahu selama dijalan gue bisa ketemu Kak Ryan. Orang – orang bilang sih ntu toilet ada di sebelah barat sisi lapang.
Gue pergi sendiri ke toilet sendirian, karena belum ada temen yang bener – bener deket sama gue. Akhirnya gue sampe di koridor sekolah. Gue melewati koridor dengan langkah yang malas. Tiba – tiba, seseorang lari dari arah depan gue dan gak sengaja nabrak bahu gue hingga tubuh gue terpental ke arah tembok koridor.
“Eh sorry !” ujarnya.
Gue meringis kesakitan karena siku gue yang terbentur tembok. Pas gue natap orang yang nabrak gue, rasa sakit itu pun lenyap seketika.
“Kamu ga apa – apa kan De ?” tanya cowo itu yang gak lain adalah Kak Ryan.
“Ah, iya Kak. Gak apa – apa.” Jawab gue sambil nahan perih di siku yang masih ada lah dikit dikit.
“Maaf ya De. Kakak lagi tergesa – gesa. Kakak hari ini terlambat.” Terlihat dari raut wajahnya dia ngerasa bersalah sama gue karena udah nabrak gue.
“Iya, Kak, gak apa – apa.” Jawab gue lagi dengan santai. Tak lupa senyum lebar gue kembangkan supaya Kak Ryan yakin kalo gue gak knapa – napa.
“Ya, udah deh kalo gak apa – apa. Kakak tinggal dulu ya De ?” ujar Kak Ryan.
Gue Cuma bisa tersenyum dan mengangguk tanpa jawab apa – apa lagi. Kak Ryan langsung pergi ninggalin gue dan kembali berlari ke arah aula.
Gue melanjutkan perjalanan gue ke toilet, setelah sampai, gue malah bingung sendiri sebenernya gue mau ngapain ketoilet ?! Buang air, engga mau, benerin baju, masih rapih, benerin make up, masih bener kok. Setelah gue nginget – nginget tujuan gue ke toilet, gue malah senyum – senyum sendiri. Gue sadar gue ke toilet Cuma sekedar berharap bisa ketemu Kak Ryan. Hahaha, alasan gue emang konyol.
Akhirnya gue pun memutuskan untuk kembali ke aula. Jam istirahat pun selesai. Saatnya masuk ke materi lain.
Seorang Kakak dari OSIS maju ke depan aula. Kali ini yang berbicara cewek. “Kalian punya tugas buat besok. Kalian harus buat surat cinta, yang ditujukan untuk salah satu dari semua Kakak OSIS disini. Dan surat cinta itu, dikumpulkan besok ! Kalian siap ?” ujarnya.
“Surat cinta ? Wah, seumur –umur gue belum pernah bikin tuh yang namanya surat cinta !! Gimana cara bikinnya ? Terus siapa penerimanya ? Ahhh, GALAU !” gerutu gue dalem hati.
Gue gelisah gak karuan. Dari tadi mulut gue terus berdecak dan terus menggaruk – garuk kepala. Seorang cewek di samping gue ngelirik ke arah gue. Ternyata dia juga sekelas sama gue.
“Loe gapapa kan ?” tanyanya.
“Ya, gue gak kenapa – napa kok. Gue Cuma bingung aja gimana caranya bikin surat cinta. Abisnya, seumur hidup gue belum pernah bikin ntu yang namanya surat cinta.” Jelas gue dengan mata yang melotot – melotot.
“Hahaha, selow aja kali bro. Copas aja dari internet ?” gue akui, sarannya ini memang sedikit membantu.
“Tapi gue masih bingung untuk siapa surat gue nanti ?!” tanya gue.
“Itu sih gampang !” jawab dia sambil menjentikan jarinya.
“Kirim aja buat Kakak Kelas yang menurut loe ganteng dan udah nyuri hati loe. Sejauh ini udah ada kan ?”
Gue Cuma ngangguk meng iyakan.
“Nah, sip deh kalo gitu. Eh, ngomong – ngomong kita belum kenalan ya ?” ujarnya sambil mengulurkan tangan ke gue.
Gue pun dengan lapang dada meraih uluran tangannya juga.
“Oh iya, gue Meila Anindya Kavidza, panggil aja gue Mey.”
“Ok, nama gue Nurrima Kamila Asyifa. Loe boleh panggil gue Nuy.”
“Sip, salam kenal ya.”
“Oke ! Eh, loe udah dapet temen sebangku belum buat nanti beres MOPD ?” tanya nya lagi.
“Belom, loe ?” tanya gue balik.
“Gue juga belom. Gimana kalo kita duduk bareng ?” usul Nuy.
“OK, No Problem.” Jawab gue mantap.
Semenjak kenalan, kita berdua langsung akrab kayak yang udah kenal lama. Gue yakin gue bisa sahabatan baik sama dia.
***
Sesampainya dirumah, gue membuka pintu rumah dengan tubuh yang basah kuyup. Ya, selama perjalanan pulang, gue emang diguyur hujan deras yang deras nya minta ampun dah. Alhasil, ntu hujan sukses bikin gue menggigil.
“Maaa~~” panggil gue.
“Eh, anak mama udah pulang. Aduh, kasian bajunya basah semua. Maaf ya sayang Mama gak bisa jemput. Mobilnya dipake Papa keluar kota.” Ujar Mama.
“Iya Ma gak apa – apa. Mey pergi ke kamar dulu ya, mau mandi dulu.” Pamit gue sama Mama dengan sopan.
Mama mengangguk. Dan gue pun pergi menuju kamar. Gue langsung terjun ke bathroom dan mandi pake air anget. Tapi kayaknya ntu air anget gak mujarab ngilangin rasa dingin badan gue. Gue malah jadi sakit kepala ditambah flu.
Tadinya gue mau memutuskan untuk istirahat tidur. Tapi gak jadi karena gue inget sama tugas OSIS tadi buat bikin surat cinta.
Akhirnya gue bangkit dari tempat tidur dan menuju ke meja belajar. Gue ambil secarik kertas dan sebuah bolpoin. Otak gue bener – bener buntu. Kagak bisa mikir apa – apa. Pulpen Cuma bisa gue puter – puter. Gue bingung harus nulis apa, hingga tiba – tiba gue nge denger seseorang ngebuka pintu kamar gue.
“De, nih susu cokelat buat kamu ! Mama bilang kamu pulangnya kehujanan ya ? Maaf ya Kakak gak bisa jemput kamu. Kakak tadi lagi belajar bikin skripsi sama temen.”  Ternyata yang masuk ke kamar gue adalah Kakak cowok gue. Namanya Aprilio Putra Nabela atau biasa dipanggil Kak Piyo. Nyokap gue emang ngasih nama sesuai bulan lahir kita. Kak Piyo lahir bulan April, kalo gue bulan Mei. Dia emang perhatian banget sama gue. Gue ga nyesel punya kakak seperti dia walau kadang emang nyebelin sih ntu anak.
“Iya, gak apa – apa. Makasih ya susu cokelat nya.” Ujar gue.
“Iya, eh, ngomong – ngomong kamu lagi ngapain ?” tanya Kak Piyo sambil menghampiri gue ke meja belajar.
“Lagi disuruh bikin surat cinta nih ! Disuruh OSIS.” Jawab gue sewot sambil monyong – monyong.
“Ya biasa aja kali jawabnya.”
“Susah tau ! Otak aku udah mentok nih Kak ! Bantuin !” gue langsung masang tampang melas.
“Ogah ah, bikin aja sendiri !” ejek Kak Piyo.
“Ihh, kakak gitu !” gue makin masang wajah cemberut.
“Kakak gak bisa, Mey ! Nih, kakak kasih gambaran aja deh ya, mending kamu bikin aja gimana first impression kamu waktu ngeliat dia, terus sama perasaan kamu sama dia.” Gue mikir ulang saran dari Kak Piyo itu.
“Tapi kok kesannya kayak yang nembak ya Kak ? Aku kan gak mau berkesan kayak gitu. Ntar akunya yang malah jadi malu kalo ketemu orangnya tau !” jawabku sebal.
“Tapi kan dia gak kan tau ini kalau yang nulis surat itu tuh kamu ?” gue terus beraudu argumen dengan Kak Piyo, tapi kalo dipikir –pikir, bener juga sih kata Kak Piyo.
“Iya deh, ya udah gih Kakak sana. Aku mau bertapa dulu !” ujar ku dengan nada yang memang sedikit mengusir.
“Oke, jaga ya lilinnya jangan sampai padam !” Kak Piyo langsung berlari ke arah pintu kamar. Dan *puiiiiinnngg~~~* sendal tidur gue melayang tepat kena kepala Kak Piyo.
“Ihh, loe kira gue babi ngepet apa ?” hardik gue kepada Kak Piyo.
Kak Piyo hanya terkekeh dan cepat – cepat meninggalkan kamar gue.
Setelah lama berpikir, akhirnya gue terpikirkan buat siapa ni surat. Gue pun mulai nulis surat cinta. Gue sibuk milih diksi yang tepat buat surat gue. Ceilah~ calon sastrawan. :D
“Hatchii~~”
Tiba – tiba aja gue jadi bersin bersin mulu. Udah gitu kepala gue pusing gak karuan, gue rasa ini karena gue kehujanan pas pulang sekolah tadi. Tapi gue terus paksain buat bikin ntu surat cinta. Gue bela – belain soalnya takut besok gue kena hukuman Kakak OSIS.  Ogah banget deh gue harus diem di depan sambil di bentak – bentak. Never ever !
Setelah beberapa lama, akhirnya gue selesai juga bikin ntu surat cinta, gue pun langsung ambil posisi di tempat tidur. Gue tatap langit – langit kamar gue yang berwarna putih.
Kenapa ya Kak Ryan cakep banget ?” lamun gue.
Tiba – tiba aja langit langit kamar gue yang awalnya berwarna putih berubah jadi hitam. Akhirnya gue pun terlelap dalam tidur nyenyak.
***
Alarm di hape gue udah bunyi 3 kali, tapi gue snooze terus. Gue bener – bener males bangun hari ini. Kepala gue terasa berat. Hidung gue kayak yang tersumbat. Tiba – tiba gagang pintu kamar gue bergerak dan terbuka. Ternyata Mama gue yang masuk. Dia nyamperin gue ke kasur dan megang bahu gue.
“Mey, bangun~” ujar Mama lembut.
“Mey pusing ma~” jawab gue manja.
“Kamu sakit Mey ?” Mama pun megang dahi gue.
“Mey, kamu demam ! Kamu gak usah sekolah hari ini ya ?” usul Mama dengan nada yang khawatir.
“Tapi Mey harus ikut MOPD Ma~ udah gitu Mey dikasih tugas sama OSIS dan harus dikumpulin sekarang.”
“Mey, gak usah maksain ya. Ntar biar Mama yang nelepon ke sekolah. Kamu tidur aja. Istirahat yang cukup.” Saran Mama.
Kalau dirasa – rasa, kayaknya gue emang gak sanggup buat pergi ke sekolah. Badan gue demam, kepala gue juga pusing, tapi.... Kalau gue gak sekolah, surat cintanya gimana ?!
***
Besoknya, gue udah bisa sekolah lagi. Tapi sayang, kegiatan MOPD udah beres dan gue bakalan jarang ketemu Kak Ryan. Ryan again ? Yap ! Gue pengen banget ngeliat Kak Ryan lagi. Soalnya kan kemaren hari terakhir MOPD gue gak sekolah.
Hari ini KBM efektif udah dimulai, sesuai janji gue sebelumnya, beres MOPD gue duduk sama Nuy, temen sebangku baru gue.
 “Mey, kenapa kemaren gak sekolah ?” Nuy sudah menyambut gue dengan pertanyaan.
“Gue kemaren sakit, Nuy.”
“Wahh, padahal seru lho ! Banyak Adik kelas yang Shock suratnya dibaca sama penerimanya sendiri di depan semua peserta didik. Wahh, udah gak kebayang deh semerah apa mukanya. Untung surat gue gak kepilih.” Nuy pun semangat menceritakan pengalamannya kemaren sama gue. Gue hanya tersenyum miris.
“Loe enak Nuy, seenggaknya surat cinta loe tuh kesampean. Lha gue ? Sampe dinosaurus anakkan juga kayaknya ntu surat gak bakalan nyampe deh Nuy.” Ujar gue dengan lemah.
“Jangan bilang gitu dong Mey. Suatu hari kan bisa aja ada keajaiban. Emang kamu ngirim surat cinta buat siapa Mey ?”
“Hmm,,” gue sedikit ragu untuk ngejawab pertanyaan ini.
“Ayo cerita aja. Kita kan sekarang udah jadi temen sebangku. Gak ada salahnya kan kita saling berbagi cerita.” Tanya Nuy lagi sama gue dengan memasang wajah yang bener – bener penasaran dengan jawaban gue.
“Hmm, ya deh. Gue nulis surat cinta buat Kak Ryan, Nuy” jawab gue sedikit berbisik karena takut orang – orang disekitar kita bakalan ngedenger percakapan gue.
Tiba – tiba aja, raut muka Nuy jadi biasa aja. Gak serius kayak tadi. Seperti raut kecewa, tapi dibibirnya tersimpul senyum yang gue juga gak ngerti maksud senyum itu gimana.
“Oh, yayaya. Gue tau.’ Jawab Nuy.
“Bagus deh kalo loe tau. Sebenernya, gue udah suka sama dia sejak hari pertama MOPD, Nuy !”
“Wah, gimana ceritanya tuh ?” raut muka Nuy pun berubah lagi menjadi ceria  yang dipaksakan dan so’ penasaran. Gue tetep ga ngerti maksud dari raut wajahnya yang berubah – ubah itu. Tapi gue nyantai aja. Gue pun nyeritain semua awal kenapa gue bisa suka sama Kak Ryan. Dan kayaknya Nuy juga seneng – seneng aja tuh ngedenger cerita gue.
Satu semester berlalu. Gue dan Nuy udah jadi sahabat deket. Dia masih gak bosen ngedengerin curhatan gue tentang Kak Ryan. Selama satu semester ini, gue punya kebiasaan yang konyol namun tak berbuah hasil. Setiap hari Selasa dan Rabu pulang sekolah, gue pasti bakalan cepet cepet lari ke ujung koridor menuju lapang dan nungguin anak – anak yang extra basket. Dan gue bakalan ngeliatin terus sampe latihan selesai. Semua ini gue lakuin bukan karena gue suka basket atau pengen masuk tim basket, tapi, karena Kak Ryan. Gue pengen banget ngeliat Kak Ryan maen basket.
Tiap dia maen basket, dunia tuh terasa berhenti dan serasa Cuma ada Kak Ryan yang ganteng dan dengan lihainya bermain basket. Gak ada pandangan lain. Nuy, sahabat gue juga tau kebiasaan gue ini. Makanya tiap hari Selasa dan Rabu, Nuy gak pernah ngajak pulang bareng sama gue karena dia tahu, gue pasti gak kan mau diajak pulang.
Hari ini hari Selasa, jadwalnya Kak Ryan latihan basket. Beres jam pelajaran, gue buru – buru beresin buku dan bersih – bersih kelas.
“Mey, hari ini loe mau nangkring di koridor seperti biasa ?” tanya Nuy tiba – tiba.
Gue Cuma ngangguk.
“Yaah, padahal gue lagi pengen jalan jalan sama sahabat gue nih.”
“Aduh Nuy, maaf ya~ Loe kan tau sendiri ini udah jadi habit gue. Sorry banget yah Nuy. Mungkin lain hari ya ?” jawab gue dengan wajah melas. Gue ngerasa bersalah karena gue sebagai sahabat Nuy terkadang gak ada diasaat Nuy membutuhkan gue.
“Iya iya, gue ngerti kok.” Jawaban Nuy membuat gue sedikit lega.
Beres bersih bersih kelas, gue buru – buru lari ke koridor sekolah. Ternyata extra basket udah dimulai. Dari sini gue bisa ngeliat jelas permainan Kak Ryan.
Beberapa menit Kak Ryan latihan, gue masih asyik mantengin terus gerak – geriknya, hingga tiba – tiba pandangan Kak Ryan tertuju sama gue. Mata gue dan Kak Ryan saling bertemu. Terukir senyum manis dibibir Kak Ryan yang bikin gue melting. Karena takut muka gue keliatan merah, gue cepet cepet nundukin kepala dan pergi ke ujung koridor lainnya.
Aahhh, malu~~~” gerutu gue dalem hati.
Gue memutuskan untuk ga balik lagi ke sana. Gue malu Kak Ryan bakalan tau kalo gue sering merhatiin dia.
***
Keesokan harinya, sepulang sekolah, gue masih penasaran sama Kak Ryan. Akhirnya gue pergi nangkring lagi di ujung koridor menuju lapang buat merhatiin Kak Ryan. Nuy Cuma bisa geleng – geleng ngeliat kelakuan gue yang aneh ini. Gue juga sadar, habit gue ini emang udah kayak orang aneh.
Ngapain coba gue harus berdiri berlama – lama Cuma buat ngeliatin Kak Ryan basket ? Kenapa gak gue samperin aja ? Emang terkadang gue mikir kayak gitu. Tapi gue sadar kalo gue cuma Adik kelas yang suka sama seniornya. Yang buat deket tuh kayaknya gak mungkin. Tapi gue tetep pengen merhatiin Kak Ryan, walaupun cuma dari jauh.
Latihan basket pun dimulai. Bola mata gue sibuk mencari sosok Kak Ryan. Lama mencari, akhirnya gue nemu sosok seseorang itu. Dia pake kaos basket warna merah, plus celana basket juga. Inilah keadaan yang paling gue suka dari Kak Ryan. Keliatannya sporty banget.
Lama gue liat Kak Ryan main, tak disangka bola basket menggelinding ke arah gue dan berhenti setelah mengenai kedua kaki gue. Gue berniat untuk mengambilnya, setelah merunduk, terlihat sepasang kaki yang berdiri tepat di depan gue dan juga sepasang tangan yang berusaha untuk mengambil bola basket itu. Gue pandangi dari ujung sepatu sampe ke atas. Gue tersontak ketika melihat bahwa yang di depan gue adalah Kak Ryan. Koridor begitu sepi, untungnya tidak ada seorang pun yang melihat. Kalau sampai ada yang melihat, habislah riwayat gue dikeroyok sama fans fans nya Kak Ryan yang lebih tua dari gue alias senior.
“Eh, engg, ini Kak bolanya.” “duh kenapa gue ngedadak jadi deg degan gini ya ?” resah gue dalam hati sambil menyodorkan bola basket ke Kak Ryan.
“Iya De, makasih. Ngomong – ngomong.. Kok Kakak sering banget ya ngeliat kamu lagi---“
duh, mampus gue ! Mau jawab apa nanti hah Mey ? Ahh, dasar Mey bodoh !”  gerutu gue dalem hati.
Belum Kak Ryan selesai ngomong, teriakan dari arah sana membuat Kak Ryan mengurungkan niatnya untuk bertanya sesuatu hal ‘itu’.
“Ryan ! Buruan ambil bolanya ! Gitu aja kok lama sih ?!” teriak seseorang dari lapang sana.
“Ya bro, bentar !” sahut Kak Ryan.
“De, kakak kesana dulu ya.” Pamit Kak Ryan sebelum meninggalkanku. Tak lupa seperti biasa, selalu pergi dengan meninggalkan senyuman manis.
Gue gak bisa menjawab apapun dan hanya manggut – manggut kepala. Akhirnya gue memutuskan untuk pulang ke rumah. Sepanjang perjalanan gue selalu teringat akan senyum Kak Ryan tadi.
***
Semenjak kejadian itu, gue jadi rajin belajar. PR gue kerjain dalam waktu semalem. Gue gak pernah nunda – nunda lagi tugas. Semua itu gue lakuin karena gue gak mau terlihat bodoh di depan Kak Ryan kalau sewaktu – waktu mungkin gue bisa ngobrol dengannya. Mungkin~
Mungkin menurut orang lain, gue ini alay. Tapi, inilah cinta gue yang bener – bener ngerubah sifat gue yang menurut gue mungkin jadi sedikit lebih kearah positif. Tapi entahlah.
Bel tanda istirahat pertama udah bunyi. Gak sabar rasanya perut ini pengen mendapat asupan makanan. Tapi sayang, keinginan gue buat jajan harus tertunda karena ada pengumuman dari Kakak OSIS yang masuk ke kelas gue.
“Ijin berbicara, mohon kepada Adik – adik, bagi yang berminat untuk mengikuti kepanitiaan kegiatan Pensi, harap untuk segera mendaftar kepada Kakak OSIS. Untuk kegiatan penyeleksian, nanti kita akan umumkan lagi.” Jelas Kakak itu. Gue inget wajahnya pas MOPD, kalau gak salah namanya Kak Furqon.
“Contact person, Kak ?” tiba – tiba temen gue ada yang nyeletuk nanya kayak gitu.
“Ok, untuk CP, kalian bisa hubungi nomor yang saya tulis ini.” Jawab si Kak Furqon sambil menuliskan beberapa nama dan juga nomor telepon yang bisa dihubungi.
Nuy ngegoyang – goyang badan gue dengan sikutnya sambil menunjukan sebuah tulisan di papan tulis sana. Gue exited banget pas ngeliat nama yang terakhir ditulis Kak Furqon sebagai CP adalah Kak Ryan !! Wuhuuyy, udah gak bakalan bisa disangkal, gue pasti bakalan daftar sama Kak Ryan.
“Gak akan aneh, pasti loe cuma nulis nomor Kak Ryan, ya kan ?” goda Nuy sama gue.
“Aehehehe, loe tau aja ! Ikutan nyok ?! Sekalian gue belum pernah ikut kepanitiaan gini nih.” Ajak gue kepada Nuy.
“Oke, sip !”
***
Malem nya gue sibuk ngotak ngatik terus layar handphone gue. Gue mau nge sms Kak Ryan, tapi gue bingung banget. Awalnya gue harus gimana ? Terus kalau gak dibales, gimana ? Kalau ganggu gimana ? Kalau ternyata salah sambung, gimana ?
Mendadak gue jadi phatetic. Tapi karena takut kemaleman, akhirnya gue mencoba untuk memberanikan diri nge sms ke Kak Ryan.
Gue mulai ngetik kata demi kata.
To        :           Senior Ryan
Malem Kak. Saya Meila Anindya Kavidza kelas X-1. Saya mau daftar panitia pensi dong Ka. Bisa kan ?
Baru ngetik segitu, gue langsung delete lagi dan mulai dari awal, karena gue rasa, itu terlalu berkesan SKSD (So Kenal So Deket). Akhirnya gue mikir mikir lagi sms gimana yang ga terkesan berlebihan buat Kak Ryan.
To        :           Senior Ryan
Assalamu’alaikum. Kak, maaf ganggu. Saya Meila Anindya Kavidza kelas X-1. Saya mau daftar panitia OSIS Kak.
Akhirnya sms gue cukupkan sekian doang. Dan tanpa ragu lagi, gue tekan tombol kirim di handphone gue. Gak lama dikirim, udah ada balesan dari Kak Ryan. Gue lumayan deg deg an buat buka balesannya.
From    :           Senior Ryan
Waalaikumsalam. Iya de. Besok ambil formulirnya di kelas Kakak ya, XII IPA 3. Seleksinya hari Senin depan di aula bawah. Jangan lupa ya. :)
OMG ! Dibales juga sms gue. Asikk ! Gue jingkrak - jingkrakkan gak jelas di kamar. Dan gue pun langsung membalas lagi sms dari Kak Ryan.
To        :           Senior Ryan
Makasih Kak infonya. Besok istirahat pertama saya ke kelas Kakak ya ?
Setelah nunggu cukup lama, balesan dateng lagi dari Kak Ryan.
From    :           Senior Ryan
Sip. Kakak tunggu. :)
Huaaaa~ demi apapun melting !!
***
Hari penyeleksian panitia Pensi pun dilaksanakan. Gue kebagian kloter kedua. Sedangkan Nuy kebagian kloter pertama. Gue seneng setelah tau kalau salah satu penilainya adalah Kak Ryan. Yippie !!
Giliran gue tiba, gue masuk keruangan dengan gugup bercampur happy dikit.
“Kloter selanjutnya~” panggil Kak Furqon dari dalem ruangan. Pas masuk, gue langsung noleh ke arah Kak Ryan dan terihat jelas Kak Ryan tersenyum manis sama gue. Tapi sayang, ternyata senyuman itu bukan Cuma untuk gue. Kak Ryan terus tersenyum sama semua peserta audisi yang masuk. Ngenes~ !
Banyak pertanyaan dilontarkan ke Gue. Gue selalu gugup tiap giliran Kak Ryan yang nanya sama Gue. Tapi sebisa mungkin Gue ngasih jawaban yang logis dan meyakinkan.
Lama seleksi, akhirnya audisi pun selesai. Karena banyaknya peserta audisi yang ikut, waktu yang dibutuhkan pun lama. Audisi ini selesai pukul 6 kurang seperapat.
Gue panik karena di deket sekolah gak ada angkutan motor ataupun mobil. Mau minta jemput Papa, rasanya gak mungkin, soalnya Papa lagi diluar kota. Mobil dirumah dipake Kak Piyo buat kemah di puncak bareng temen - temennya. Nuy udah pulang dijemput Papanya pake motor. Tinggal gue sendirian di depan gerbang sekolah berharap ada orang yang kenal sama gue dan ngajak gue.
*Tiiitttt*
Gue ngedenger bunyi klakson dari belakang dan langsung menoleh.
“Eh ?” Gue kaget ngeliat sosok cowok mengendarai sepeda motor dibelakang Gue.
“Kok belum pulang De ? Udah mau malem lho.” tanya cowo itu yang gak lain adalah Kak Ryan.
“Lagi bingung Kak mau pulang pake apa. Gak ada angkutan. Kayaknya jalan terakhir nunggu bis yang lewat.” Gak lupa gue selipin senyum disetiap omongan gue.
“Oh, ya udah yu bareng aja sama Kakak.” Tawar Kak Ryan.
Oh ? Gimana nih ? Terima tawarannya gak ya ?” pikir Gue dalem hati.
“Rumah kamu di seberang alun – alun kan ?” tiba – tiba pertanyaan Kak Ryan bikin gue kaget dan langsung noleh.
“Kok Kakak tau ?”
“Rumah Kakak di deket situ. Kakak sering ngeliat kamu lagi duduk dikursi taman.”
Gue gak bisa jawab dan Cuma ngangguk – ngangguk mengiyakan.
“Ya udah, yu bareng aja. Kamu Meila yang semalem sms kakak kan?”
“Iya kak. Ya udah deh kalau gitu.”
Akhirnya gue memutuskan untuk pulang bareng Kak Ryan. Grogi ? Pasti.  Tapi gue coba untuk sebiasa mungkin di depan Kak Ryan.
Di perjalanan, gak ada percakapan diantara kami. Gue bakalan makin nervous kalo Kak Ryan tiba – tiba ngerem mendadak.
Langit memang udah gelap soalnya waktu udah menunjukan pukul 18.15. Tapi tiba - tiba aja hujan turun dan sempet mengguyur gue dan Kak Ryan.
Kak Ryan terpaksa memarkirkan motornya di halte terdekat karena kita gak mungkin memaksakan untuk pulang. Soalnya besok kita masih harus mengenakan seragam yang sama.
“De, gak apa – apa kan kalau berteduh dulu ?”
“Iya Kak gak apa – apa.” Jawab Gue sambil tersenyum.
Gak lupa gue sms Mama Papa untuk gak khawatir karena gue pulang malem. Sambil nunggu hujan berhenti, Kak Ryan mulai membuka mulutnya dan ngajak ngobrol Gue. Gue dan Kak Ryan mulai nyaman ngobrol. Ngobrolin keadaan kelas, ngobrolin pengalaman, sampe ngobrolin kita sendiri pun kita jabanin. Dan akhirnya, gue dan Kak Ryan lama bercakap - cakap hingga hujan pun berhenti. Gue dan Kak Ryan pun melanjutkan perjalanan.
Gue dan Kak Ryan udah sampe di depan gerbang rumah gue. Gak lupa, gue ngucapin terimakasih sebelum Kak Ryan pulang.
“Hari ini bener - bener spesial.” Pikir gue sambil menuju ke dalam rumah.
***
Beres mandi, gue langsung check handphone gue. Ternyata udah ada 1 unread sms di handphone gue. Gue pun membukanya.
From    :           Senior Ryan
Maaf ya de tadi harus kehujanan. Pasti kamu kedinginan. Minum teh anget yaa. :)
Beres baca sms itu, gue shock !!! Muka gue merah !! Ekspresi wajah gue, aahhh susah dijelaskan dengan kata - kata.
“Kok Kak Ryan perhatian banget sih ?”
To        :           Senior Ryan
Iya gak apa - apa Kak. Aku udah bersyukur Kakak mau nganterin aku. :)
Akhirnya semaleman gue sms an sama Kak Ryan.
***
Hari ke hari, gue makin deket sama Kak Ryan. Gue juga terpilih jadi panitia Pensi. Sayangnya, gue gak satu seksi sama dia. Dia ditempatin sebagai Ketua DanUs, Nuy sebagai salah satu anggotanya. Sedangkan gue di tempatin di seksi kesekertariatan. Miris~
Kesempatan gue pulang bareng pun mulai gak mungkin. Paling gue pulang bareng kalau ada rapat umum doang. Gue juga udah gak bisa liat Kak Ryan latihan basket lagi karena extrakulikuler untuk kelas XII sudah diberhentikan mengingat sebentar lagi akan dilaksanakannya UN.
Walaupun begitu, gue dan Kak Ryan masih sering smsan. Sedih juga rasanya menyadari kalau Kak Ryan bentar lagi bakalan lulus. Tapi apa mau dikata ?!
Terkadang gue merasa sedikit jelaous ketika liat Nuy dan Kak Ryan suka jalan berdua untuk minta sumbangan Dana Pensi. Tapi, mereka emang sewajarnya deket. Tiap harinya gue liat mereka berdua makin lengket.
Hingga pada suatu hari, gue baru beres rapat seksi kesekertariatan di ruang OSIS. Karena Kak Ryan gak ikut rapat, gue minta Kak Piyo buat ngejemput gue.
Diperjalanan, gue teringat kalau gue belum nyatet pembahasan dari Bu Lisa kemaren karena gue ada kegiatan dari extra vokal. Akhirnya, gue memutuskan untuk nyimpang dulu kerumah Nuy.
“Kak, kerumah Nuy dulu ya.”
“Ngapain ?”
“Minjem catetan. Kemarin aku gak nyatet !”
“Huuhh, dasar anak males !”
“Ihh, suuzan ! Kemaren itu aku dispensasi untuk jadi padus untuk upacara di alun - alun, Kakak !”
“Ea ade maap !”
“Alay !”
Kak Piyo gak ngebales lagi ucapan gue. Karena gue sering minta anter Kak Piyo kerumah Nuy, dia udah tau persis jalan kerumah Nuy.
Mobil gue tinggal berjarak 120 m lagi kerumah Nuy. Tapi, tiba - tiba pandangan gue tersorot ke arah cewek dan cowok yang sedang berada didepan gerbang rumah Nuy. Si cowok yang mengendarai motor turun dari motor nya dan berjalan menghampiri si cewek.
“Kak, pelankan mobilnya !”
Kak Piyo menuruti gue.
Makin deket mobil gue, makin jelas juga siapa cewek dan cowok yang lagi ngobrol itu.
Mereka adalah Kak Ryan dan Nuy. Gue kaget banget.
“Kak !!! Berhentiin mobilnya !” Perintah gue kepada Kak Piyo.
“Ini anak cerewet banget sih !”
Walaupun Kak Piyo mengeluh, tapi dia tetep ngeberhentiin mobilnya.
Mobil gue kira - kira berjarak 20 m dari rumah Nuy. Untung aja mobil gue membelakangi Nuy, jadi Nuy gak akan tau kalau gue ada dideket rumahnya dan memperhatikan mereka.
“Apaan sih Mey ?”
“Shhtttt !!!” gue Cuma bisa nyuruh Kak Piyo untuk diam dan jangan banyak bertanya.
Gue gak bisa denger percakapan diantara keduanya. Gue juga gak bisa ngeliat jelas ekspresi wajah mereka.
Hingga mereka beres bicara, si Kak Ryan pun membalikan badan hendak pergi  dan gue asli kaget banget waktu ngeliat Nuy dengan sigapnya langsung memeluk Kak Ryan dari belakang seolah - olah gak ngebiarin Kak Ryan pergi.
Gue liat, Nuy sempet ngobrol lagi sama Kak Ryan dengan posisi tetap memeluk dari belakang dan menanamkan wajahnya di bahu Kak Ryan.
Perasaan gue langsung sedih. Rasanya hati gue seperti ditusuk dengan pisau yang tajam hingga meninggalkan luka yang mendalam.
Tanpa gue sadari, air mata gue jatuh. Gue cepat - cepat mengelap air mata gue yang siap - siap jatuh berderai. Kak Piyo Cuma memandang gue dengan wajah yang penuh dengan 1000 pertanyaan.
“Kak, kita pulang aja ! Biar besok Mey pinjem sama Minny.” Ujar gue sambil menahan air mata yang hendak menetes lagi.
Kak Piyo mengangguk dan langsung menancap gas. Ketika melewati rumah Nuy, gue sempet ngelirik kearah Kak Ryan dan Nuy yang masih tetap pada posisi mereka. Ternyata, Kak Ryan menoleh dan sepertinya Kak Ryan sempet ngeliat gue. Tapi gue gak peduli. Gue ngerasa udah dibohongi banget.
Nuy udah gue anggap sahabat deket. Nuy lah satu - satunya orang yang gue jadiin tempat mencurahkan perasaan gue sama Kak Ryan. Dari pertama masuk, gue udah ngerasa senasib dan sepenanggungan sama Nuy.
***
Besoknya, pas gue kesekolah, gue ngerasa males banget. Gue males ketemu sama Nuy. Mata gue juga bengkak karena gue nangis semaleman nginget kejadian kemaren sore.
Sesampenya dikelas, gue ngambil tempat duduk di paling pojok. Kebetulan kursi disitu kosong. Hari ini gue memutuskan untuk duduk sendiri.
Dari pagi, gue emang gak nyapa Nuy sama sekali. Keliatannya Nuy juga ngerasa aneh sama tingkah laku gue hari ini. Tapi sepertinya dia gak berani nanya sama gue.
Sepulang sekolah, gue berencana pergi ke perpustakaan disebelah aula. Saat melewati koridor sekolah, tiba - tiba saja seseorang menahan tangan gue.
“Mey, loe kenapa sih hari ini ?” tanya seorang cewek yang nahan tangan gue, yang ternyata adalah Nuy.
“Gak kenapa - napa” jawab gue sinis.
“Bohong loe Mey !” cela Nuy dengan nada yang sedikit membentak.
“Terus kalo gue bohong sama loe kenapa ? Gak boleh ? Loe bohong sama gue aja bisa ! Masa gue bohong sama loe gak bisa ?” emosi gue mulai membludak.
“Maksud loe ?”
“Alah, gak usah so soan gak tau deh loe !” bantah gue sambil menitikan air mata.
Untung saja siswa siswi disekolah kami sudah pulang, dan koridor juga sepi. Gue rasa gak kan ada yang ngedenger pertengkaran gue sama Nuy.
“Mey ? Loe kenapa sih ?”
“Nuy, loe kok jahat sih sama gue. Padahal, loe adalah satu - satunya tempat buat gue curhat tentang perasaan gue ke Kak Ryan.” Nada bicara gue mulai menurun.
“Ya terus kenapa ?”
“Loe bilang, loe sukanya sama Kak Rio, tapi ternyata loe juga ngincer Kak Ryan. Loe juga suka  sama Kak Ryan kan Nuy ? Kayaknya loe emang gak mau liat gue bahagia ya, Nuy ?”
“Loe ngomong apaan sih ?”
“Nuy, gue mohon, loe jujur aja. Gue siap kok ngelupain Kak Ryan demi kebahagiaan loe.”
Nuy tak bergeming. Gue udah ngeluapin semua perasaan gue. Kami berdua pun saling tertunduk.
Tak lama kemudian, gue ngedenger Nuy menghela nafas.
“Mey, sebelumnya, gue mau minta maaf karena gue udah ngebohongin loe. Gue sebenernya emang suka sama Kak Ryan, malah gue pengen ngedapetin cintanya Kak Ryan lagi.” Akhirnya Nuy mulai mengeluarkan suara.
Gue mengadah dan menatap lekat - lekat Nuy. “Maksud loe ?”
“Ya, gue dan Kak Ryan emang sempet pacaran waktu SMP. Kami memang berasal dari SMP yang sama. Gue jadian waktu gue pertama masuk SMP sampe Kak Ryan naik ke kelas XI. Abis itu, hubungan gue dan Kak Ryan berakhir dengan alasan Kak Ryan pengen fokus belajar. Terpaksa gue nurut, walau itu rasanya sakit buat gue. Tapi gue yakin, gue bisa balik lagi sama Kak Ryan suatu hari nanti. Dan kalau loe mau tau, salah satu alasan gue milih sekolah ini adalah, karena gue tau, Kak Ryan sekolah disini.
Gue hanya terkekeh ngedenger penjelasannya walau ingin rasanya meneteskan air mata lebih deras.
“Ternyata kita itu sama sama dibodohkan sama cinta ya ?” tanya gue miris.
“Gue minta maaf, Mey. Gue gak bermaksud nyakitin loe. Emang awalnya pertama ngedenger loe bilang suka sama Kak Ryan, gue masih bisa nahan perasaan gue. Gue berniat untuk ngelupain Kak Ryan demi loe. Tapi, semenjak gue sering ketemu Kak Ryan, rasa itu tumbuh lagi dan lebih dalam dari sebelumnya, Nuy. Gue ngerasa gak mau kehilangan Kak Ryan lagi. Tapi gue juga kasian sama loe, makanya gue ngedeketin Kak Ryan dibelakang loe.”
Kali ini, penjelasan Nuy ngejleb banget ke hati gue yang paling dalem dan paling dasar !
“Gue udah coba nahan perasaan gue Mey. Tapi gue gak bisa. Jadi, gue Cuma minta pengertian aja dari loe. Kalau emang loe tetep pengen ngedapetin Kak Ryan sih gak apa - apa. Asal tetep ijinin gue untuk berusaha ngedapetin Kak Ryan ya ? Maaf gue emang gak bisa jadi sahabat loe yang bener - bener rela berkorban buat loe. Tapi gue juga butuh cinta Kak Ryan.”
“Gila nih si Nuy ?! Permintaannya ngenes banget !”
“Oh, jadi itu alasan loe meluk Kak Ryan kemaren. Loe gak perlu minta maaf atau menyesali apapun Nuy. Gue siap - siap aja kok bersaing sama loe untuk ngedapetin Kak Ryan, tapi yang pasti gue gak akan ngelakuin hal yang sama seperti loe Nuy !”
Gue pun langsung pergi meninggalkan Nuy sendirian tanpa mau mendengar jawab dari Nuy lagi. Setelah pergi cukup jauh dari koridor, tangisan gue pun pecah mengingat penjelasan Nuy tadi. Gue gak nyangka Nuy bakalan gitu. Padahal gue ngarepnya setelah minta maaf, Nuy mau ngorbanin Kak Ryan demi gue, eh, ternyata malah ngajak bersaing. Keplek. -,-
***
Semenjak kegiatan pensi berlalu, hubungan gue dengan Kak Ryan bener - bener udah lose contact. Kita paling Cuma senyum kalo berpapasan, atau nanya sewajarnya. Kak Ryan juga gak pernah sms gue lagi. Gue ngerti mungkin karena waktu UN sebentar lagi. Tapi ada yang aneh dengan Kak Ryan, tiap dia berpapasan dengan gue, tersirat jelas diwajahnya rasa bersalah. Namun dia tetep berusaha untuk tersenyum sama gue.
Nuy juga udah gak duduk sebangku lagi sama gue. Gue juga ngobrol seperlunya sama Nuy. Gue bener - bener kesepian semenjak hari dimana gue dan Nuy resmi berpisah sebagai sahabat walaupun tak disebutkan dengan lisan, tapi gue anggap hari itu sebagai harinya.
Gue sebenernya kangen sama Nuy yang dulu, yang suka ngehibur gue dikala gue lagi bad mood, yang suka ngebantuin gue bikin jembatan keledai buat ngapalin IPS, yang suka ngejailin gue dengan naliin tali sepatu gue ke meja, ah, pokoknya banyak kenangan diantara gue dan Nuy. Tapi semua itu udah gak terjadi lagi.
Gue juga kangen sama Kak Ryan yang selalu mamerin giginya yang putih bersih ketika senyum sama gue, yang suka nge smsm gombal, nge sms gaje, suka ceramah tentang agama di telepon, ah.. Banyak yang gue kangenin dari mereka berdua.
Dan niat gue untuk bersaing dengan Nuy sepertinya takkan pernah terwujud. Buktinya, gue yang harusnya ngedeketin Kak Ryan malah mencoba untuk ngehindar dari Kak Ryan. Malang ya nasib gue ?
***
Hari pelepasan kelas XII pun tiba. Hari yang paling gue takutin tiba akhirnya bener - bener tiba. Ini adalah saatnya gue ngelepas Kak Ryan baik sebagai penghuni hati,maupun sebagai senior.
Pengen rasanya gue nangis dipelukan Kak Ryan untuk terakhir kalinya, tapi rasanya impossible.
Di depan panggung acara, ada Kak Ryan dan teman - teman sekelasnya yang sedang berfoto bersama dengan wali kelasnya. Gue lihat raut wajah Kak Ryan bahagia banget. Gue Cuma bisa ngelus dada.
Pengen rasanya gue menjatuhkan air mata, karena gak sanggup nangis didepan temen - temen gue, akhirnya gue memutuskan untuk pergi ke koridor tempat biasa gue ngeliatin Kak Ryan. Koridor sepi karena semua sibuk mengatur acara dan terlarut dalam acara hiburan.
Gue menangis dikoridor sebisanya. Gue tutup muka gue takut - takut ada orang ngelewat.
Tiba - tiba aja, gue ngerasa ada seseorang yang megang kedua tangan gue dengan lembut dan menurunkannya dari wajah gue. Bodohnya gue, bukannya lari, gue malah nunduk seolah - olah nunggu reaksi dari si orang tersebut.
Gue gak denger sepatah kata apapun. Yang gue denger Cuma deruan nafas lembut yang meniup rambut gue. Perlahan dia ngelepas genggaman tangannya. Hendak rasanya gue mengangkat wajah dan melihat siapa orang didepan gue.
Tapi entah kenapa gue gak berani dan malah sibuk ngehapus air mata gue yang masih bercucuran.
Tiba - tiba orang tersebut langsung meluk gue dan menanamkan wajahnya di atas kepala gue.
“Please, don’t cry.” Ucap cowok itu yang gue kenal persis suaranya, Kak Ryan !!
Gue bingung, disatu sisi, harapan gue dari tadi emang pengen nangis di pelukan Kak Ryan sebagai perpisahan terakhir, tapi gue malu takut ada yang ngeliat gue.
“Udah dong jangan nangis lagi. Masa perpisahannya dikasih tangisan ? Atau kamu emang seneng dipeluk Kakak ?
“Engghh..”
Karena asli bener - bener kesindir sama omongan Kak Ryan, gue pun ngelepas pelukan Kak Ryan dan berhenti menangis.
“Kamu kenapa nangis ?”
Gue gak bisa jawab, akhirnya gue hanya geleng - geleng kepala dengan maksud menjawab ‘gak kenapa - napa’.
“Jangan nangis lagi ya ? Walaupun Kakak udah gak sekolah lagi disini, kita kan masih bisa ketemu ? Rumah kita kan deket, kita masih bisa maen bareng.”
“Tapi gue takut gak akan bisa sedekat ini sama Kakak nanti” jawab gue dalam hati.
“Kakak juga sedih harus ninggalin sekolah ini, terutama kamu !”
Gue kaget ngedenger perkataan Kak Ryan. Gue gak nyangka Kak Ryan bakalan ngomong gitu.
Kak Ryan pun melanjutkan pembicaraannya.
“Apalagi koridor ini. Koridor ini berarti banget buat Kakak ?”
“Kenapa ?” akhirnya gue memberanikan diri untuk bertanya.
“Di koridor inilah, pertama kali Kakak nasehatin kamu waktu pertama MOPD, di koridor ini, Kakak juga pernah nubruk kamu karena Kakak terlambat kesekolah. Udah gitu, Kakak sering liat kamu berdiri diujung koridor setiap Kakak latihan basket. Kakak sebenernya penasaran sama kebiasaan kamiu itu. Dan dikoridor inilah, Kakak tahu jawabnnya. Di koridor inilah Kakak awal tahu kalau kamu tuh suka sama Kakak.
“Eh ?”
“Kamu inget waktu kamu berantem sama Nuy di koridor ? Tadinya, sebelum Nuy dateng, Kakak mau nyamperin kamu untuk ngejelasin tentang kejadian kemaren sorenya. Tapi karena Nuy dateng, Kakak mengurungkan niat Kakak untuk nyamperin kamu dan hanya ngedengerin percakapan kalian berdua dari balik tembok ujung koridor.”
“Emm, sore itu ?”
“Ya, Kakak dari dulu emang pengen ngejelasin sama kamu semenjak kejadian itu. Emang bener Kakak sama Nuy dulu pernah jadian. Namun semenjak kami putus, Kakak udah gak ada perasaan apa - apa lagi. Kakak deket sama dia saat sibuk DanUs juga semata - mata hanya ngerasa bersalah sama Nuy tapi gak berniat untuk kembali sama Nuy. Makanya sore dimana Nuy meluk Kakak itu adalah hari terburuk bagi Kakak. Gara - gara itu Kakak jadi gak bisa PDKT sama kamu, karena Kakak gak mau kamu sakit hati lagi setiap kamu liat Nuy deket sama Kakak makanya Kakak mencoba untuk jaga jarak sama kamu.”
Gue gak ngejawab apapun. Gue masih mencerna pernyataan Kak Ryan. Gue natap Kak Ryan dan mencari kebohongan dimatanya. Tapi hasilnya nihil, tatapan Kak Ryan emang meyakinkan banget dan terlihat jujur.
“Saat Kakak ngeliat kamu ngelewat di depan rumah Nuy, membuat Kakak sadar kalau orang yang Kakak cintai saat ini bukanlah Nuy lagi, tapi kamu.”
Gue tersipu malu ngedenger kata - kata Kak Ryan tadi. Membuat gue yakin kalau cinta gue selama ini gak bertepuk sebelah tangan. Gue jadi teringat surat cinta pas MOPD yang tadi malem gue cari buat gue kasihin ke Kak Ryan sebagai tanda perpisahan. Kak Ryan tersenyum waktu gue ngasihin ntu surat. Kak Ryan pun membuka surat itu dan membacanya dengan kilat. Dan dia hanya meresponnya dengan senyuman.
“Jadi ?”
Tiba - tiba saja Kak Ryan bertanya kayak gitu sama gue.
“Jadi apanya ?”
“Kakak kan terima nih pertahanan cinta kamu buat Kakak, kalau kamu mau ga nerima pertahanan cinta Kakak buat kamu ?”
Pipi gue rasanya terbakar dan memerah. Gue gak bisa jawab dengan lisan, dan karena terlalu malu untuk menjawab, gue hanya mengangguk mengiyakan pertanyaan dari Kak Ryan. Dan Kak Ryan pun tersenyum manis sama gue.
“Inilah senyuman yang membuat gue gak mau kehilangan loe dan melepas loe” lamun gue dalam hati.
***
Semenjak saat itu, gue dan Kak Ryan jadian. Walaupun Kak Ryan udah lulus SMA, gue tetep berhubungan baik sama dia. Didukung karena rumah kita yang jaraknya lumayan deket. Ditambah Kak Ryan kuliahnya gak diluar kota.
2 tahun kemudian, koridor sekolah itu pun dibongkar dan dijadikan ruangan kelas. Gue sedih karena Cuma itu ruangan yang gue datengin setiap kangen Kak Ryan. Tapi gue yakin, cinta gue dan Kak Ryan gak akan bisa dibongkar.
*END*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar